Jenis-jenis Dosen Pembimbing yang Ngeselin

(c) here

Namanya juga manusia, gak ada yang sama persis. Kelakuannya beda-beda, kemauannya juga berbeda. 

Kelakuan dosen pembimbing juga gitu, berbeda-beda. Ada yang bilang ujian sesungguhnya bagi seorang mahasiswa itu bukan saat belajar sampe mata berdarah-darah buat UTS dan UAS tapi ujian sesungguhnya itu saat berhadapan dengan dosen pembimbing.

Ujian hidup mah datang hampir tiap hari...

Berikut ini jenis-jenis atau tipe-tipe dosen pembimbing yang berhasil saya analisis setelah mengamati pertumbuhan jentik nyamuk selama lima minggu.

1. Jenis Dosen Pembimbing yang Sulit Ditemui
Di semua kampus di Indonesia, pasti ada aja jenis dosen yang ini. Sibuknya mereka itu bisa lebih sibuk dari Presiden Republik Indonesia. Mending bimbingan ama Presiden aja kalo gitu kan... Gak tau tuh mereka sibuknya ngapain aja. Ngurus negara kali ya? Jadi Presidennya yang nyantai. 

Kalo dosen kayak gini, biasanya mahasiswa harus peka dan gesit. Bisa dengan cara cegat di jalan kayak begal atau berkemah di depan pagar rumahnya.

2. Jenis Dosen Pembimbing PHP
Kalo yang ini sebenarnya gak susah ditemui. Mereka juga gak sibuk-sibuk amat. Cuma mereka suka memberikan harapan palsu. Udah janjian dari minggu lalu buat bimbingan, tiba-tiba pas hari H, dosennya ngebatalin seenak jidatnya tanpa perasaan bersalah, tanpa mempertimbangkan mahasiswanya yang udah nginap seminggu di kampus buat bimbingan.

Mereka gak pernah tau sakitnya dipehape...

3. Jenis Dosen Pembimbing yang Banyak Maunya
Kalo dapat dosen kayak gini nih, perbanyak amal dan ibadah aja, pokoknya harus sabar.

Jenis kayak gini tuh banyak menuntut, banyak coretannya tidak peduli skripsi kamu sudah benar atau salah. Dia bakal minta kamu nyari jurnal yang tidak dipublikasikan, nyari buku yang tidak diterbitkan, nyariin istri ketiga buat dia, pokoknya banyak tuntutannya kayak lagi demo aja. Bahkan kalo kamu udah memenuhi semua tuntutannya, dia bakal minta kamu bikinin seribu candi.

4. Jenis Dosen Pembimbing Labil
Ampun deh kalo dosen pembimbing kayak ini. Gak kuat abang, dek...

Hari ini dia nyuruh tambahin teori Fisika Kuantum di Bab II. Besoknya pas revisi, dia bilang teori Fisika Kuantom gak relevan karena skripsi kamu tentang Sastra Inggris. Ini mungkin saking banyaknya mengajar, otaknya udah terbalik-balik.

Biasanya karena dosen kayak gini, kamu jadi dibantai abis-abisan ama dosen pembimbing kedua (dosen ahli). Kalo keduanya beda pendapat gitu terus, udah, kamu mending kerja di MLM aja. 

5. Jenis Dosen Pembimbing Cuek 
Nih ya,,, Saking cueknya, dia gak ngenalin kamu setiap bimbingan. Bukan karena pikun tapi emang cuek aja. Dia gak peduli nama kamu siapa, udah ngerjain skripsi berapa puluh tahun. 

6. Jenis Dosen Pembimbing Banyak Bicara
Sebenarnya punya dosen pembimbing yang banyak bicara itu gak ngeselin. Faktanya cukup menyenangkan punya dosen yang suka ngomong. Tapi kalo dia ngomongnya udah melebar kemana-mana dan topiknya gak penting-penting amat kan ngeselin juga. Awalnya ngomongin skripsi, trus pindah ke topik beras plastik dan kurs rupiah, trus pindah lagi ke topik perceraian artis, trus ngebahas calon ketua umum Golkar dan PSSI. Terakhir nih, dia bakal ngomongin Illuminati ama Freemason.

Sekian jenis-jenis dosen pembimbing. Kalo kamu punya pengalaman dengan jenis yang lain, komen ya...

Comments

  1. Nomor 3 dosen ane tuh
    Semua apa yang dia mau harus di turutkan :D

    ReplyDelete
  2. informasi yang sangat bermanfaat.

    kunbal ya bang-gas.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Dosen yang nyebelin itu yang kayak di pic, gak tau siapa-siapa malah ngaku dosennnya kita. Malah mintain beli pulsa lagi, hadeehh, mungkin doi kakak adik sama mama minta pulsa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cuma ilustrasi aja... Gak ada dosen yang sampe minta pulsa gitu haha

      Delete
  4. saya nggak kuliah jadi nggak pernah ketemu dosen..

    dan yang di foto itu kayaknya palig serem tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak dong gak prnh berhadapan dengan macam-macam dosen pembimbing

      Delete
  5. mumpung saya baru pelajar SMA, ini jadi sedikit tantangan jika saya kuliah kelak, yang nomor tiga greget banget dah, dosen yang banyak maunya, apalagi kalo dosennya wanita, udah banyak maunya dan akan selalu benar. bakalan kelar duluan tuh skripsi. bentar lagi bakalan keluar film baru : dosen minta pulsa :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dosennya cewek dan lagi PMS, jangan bimbingan dulu entar kamu serba salah haha. Mudah2an kamu kuliah nanti gak ketemu dospem ribet

      Delete
  6. Aku belum pernah ketemu dosen pembimbing, tapi pernah magang di kampus gitu. Kebanyakan sih ya kayak gitu ysng disebutkan diatas ada yang php lah, ada yang ini lah, itu lah, yang galak lah.

    Dosen yang nomor satu bukan sibuk tuh tapi ada di kantor polisi lagi malakin pulsa ke mahasiswanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.... Dosen biasa sebenarnya beda kelakuannya kalo lagi jadi dosen pembimbing

      Delete
  7. no 4, dosen pembimbing 1 saya tuh haha.

    kemaren pas bimbingan bab 1, identifikasi sama rumusan masalah udah bener, cuma latar belakang yang harus di tambah dikit. hari selanjutnya saya bimbingan lagi, dan dia bilang, identifikasi sama rumusan masalah kamu gak cocok sama latar belakang yang kamu buat, jadi harus di ubah, kampret kan, padahal dia bilang kemaren kalau identifikasi sama rumusan udah bener cuma latarbelakang yang harus ditambahin dikit -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tabah bro... Perbanyak amal dan ibadah

      Delete
  8. untung dosen pembimbing gue baik hati tapi kadang kadan suka php ama sulit ditemui sih haha

    Asik nih lu nyeritainnya, gue senyum senyum haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih... mungkin karena kita sama-sama mengerti kesulitan berhadapan dengan dospem

      Delete
  9. 7. Dosen yang sulit ditemui begitu ketemu bikin janji eh di php'in udah itu banyak maunya yg sifatnya cuek, labil dan banyak omong...

    Nah kalo dapet dosen kaya gini kelar hidup lo :3 whahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ketemu yang kayak gitu, mending minta ganti dospem aja

      Delete
  10. dosen pembimbing ku dulu paling ketat semua. tapi entah kenapa q rajin sekali nemuin mereka.soalnya ternyata mereja lebih santai dan ga galak2 amat :D
    yang males tu pas sidang nya
    agak bete mgeliat muka dosennya yang ga pernah senyum
    huh...

    ReplyDelete
  11. Asli ngakak nomer 4. WKwkwk...
    Eh..., semua tipe yang kamu tulis di atas digabungin jadi satu. Jadilah dosen pembingku. Kelar hidupku!!
    >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kelar dulu hidupnya. Masih ada masa depan yang harus kita jalani berdua. #modus #mintadiblock

      Delete
  12. Yah saya belom ngerasain kuliah sih, baru juga lulus SMA kemaren.. jd gaktau dosen itu kayak apa.__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah, kamu gak usah mikirin dospem dulu. Kecuali kalo mau nyicil skripsi dari semester 1 nanti

      Delete
  13. wah... dosen pembimbing. kayaknya seru kalau ketemu dosen pembimbing. gue sih.. masih bergulat dengan sma tingkat akhir. kalau yang gue baca di buku2, dosen pembimbing paling mainstream itu adalah yang sulit untuk ditemui. karena, dosen pembimbing itu sering ke luar kota. katanya sih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... Masih SMA. Udah kamu belajar aja dulu buat UN.

      Delete
  14. Kadang dosen pembimbing itu kayak cewek juga ya. Dan yang jelas, dosen pembimbing itu selalu benar. Kalau lo punya dosen pembing, terus dia cewek, kelar hidup lo. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia penyebab Amerika ngebom Jepang #heh Dospem selalu benar. Masalahnya kalo dospem satu ama dospem dua beda pendapat sedangkan mereka sama-sama benar, udah minta ikut wajib militer aja di Zimbabwe

      Delete
  15. yang (sok) sibuk saa yang cuek paling banyak kali ya. Sebenernya dosen pembimbing itu semau dia aja (kata dosen di kostan gue) tergantung anaknya. kalau dia suka ya cepet selese, kalau ngga ya di persulit deh hha

    ReplyDelete
  16. terperinci juga juga jenis-jenis dosen pembimbingnya, ini semua pernah lo alami ya ? gila banyak bener, udah berapa kali ganti dosen pembimbing nih ? semoga aja gue tar kalau mau skripsi dapet dosen pembimbingnya gak kaya di atas, baik-baik penuh perhatian kay gue, kalau perlu sekalian juga skripsi gue dikerjain sama dia. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semuanya haha... Itu hasil riset kecil2an dari pengalaman sendiri dan orang lain

      Delete
  17. Kayaknya dosen pembing menjadi problematik tersendiri buat anak kuliahan ya?
    setiap anak kuliah yang mau nyekripsi pasti kadang ngeluhnya karena dosen pembimbing.
    Kayak mana sih dosen pembimbing? aku pengen jumpa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yey, tungguin aja kalo ntar skripsian. Kalo ketemu dospem yg nyebelin, lu pasti nangis2

      Delete
  18. ternyata banyak banget jenis-jenis dosen pemimbing, gua jadi bingung dosen pemimbing gua masuk nominasi yang mana. Absurd tulisannya, ternyata ada dosen yang banyak bicara dan banyak maunya.Yang nomor satu paling ngeselin kalo menurut gua. Soalnya dosen pembimbing itu harus ada pada saat dibutuhkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah isi blog ini, absurd dan menyesatkan. Setuju, yang paling mendasar itu dosen pembimbing harus ada saat dibutuhkan.

      Delete
  19. Kayaknya masih beberapa tahun lagi untuk sampai ke tahap 'ketemu dosen pembimbing'. Tapi akhirnya tau beberapa sifat dosen pembimbing yang nyebelin. Aku juga sering dapet cerita kayak gitu sih dari kakak-kakak aku yang udah lulus kuliah.

    Parah tuh dosen yang banyak maunya. Semoga nggak ketemu deh sama dosen yang kayak gini. Soalnya takutnya tiba-tiba dia ngajakin pacaran....... walaupun kelaminnya sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp diajakin pacaran daripada skripsi kamu gak jalan-jalan

      Delete
  20. Mungkin gue termasuk mahasiswa yang beruntung ya, dosen pembimbing gue dulu tempat duduknya deketan udah gitu mereka lebih banyak ngajarnya daripada tugas keluar kota. Pas bimbingan ke dosen 1, langsung dikoreksi juga sama dosen 2. Hahaha tapi ya tetep banyak coretannya, katanya

    ReplyDelete
  21. Yang labil itu keterlaluan banget. Hahaha. Bayangin aja, udah selesai ngerjain skripsi, trus disuruh ngulang dari nol. Kebayang sakitnya :'D

    Yang banyak maunya juga gila banget. Misalnya mau minta dibimbing, harus beliin bensin dolo. Trus entar disuruh motongin rumput dirumahnya pake gunting kuku.

    Yang banyak omong juga sama. Lagi ngebahas skripsi, ujung-ujungnya malah curhat. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mahasiswa tingkat akhir memang tidak gampang

      Delete
  22. Tipe2 dosen pembimbing ? Wah jadi inget jaman kuliah dulu. Dosen yg cuek ...suka php ngeselin hahaha apalagi klo udah janjian bimbingan jam sekian...tapi ngaret ampe 5 jam wkwkwkwk
    Kalo udah gitu ketemu dosen berasa ketemu artis.
    Minta tanda tangan dosen berasa dapet anda tangan artis.

    Yang labil itu juga bikin geregetan...
    Sekarang blg A, besok blg B.
    Apapun itu nikmati aja .
    Suatu saat kamu bakal ketawa ingat masa2 ngeselin itu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo udah dilewati bakal jadi kenangan yang indah tapi kalo sekarang mah bikin kesel aja tiap hari.

      Delete
  23. dosen pembimbing itu emang banyak jenisnya sih, kalau satu jenis malah ngebosenin sih.
    gue dapet dua pembmbing dan merke beda jenis, yang satunya keibuan yang satunya perfeksionis.

    kadang gue bingung ngadepin mereka. makanya gue nggak ngadepin mereka. yah gue jarang bimbingan ;)))

    ReplyDelete
  24. Gue udah katam sama dosen pembimbing dan alhamdulillah dosen pembimbing gue nggak ada dalam salah satu jenis di atas. Dosen gue gampang ditemuin, begitu disuruh revisi juga gampang diselesekan dan karena dia udah professor begitu sampe di scond reader, second readernya setuju setuju ajaaa..hehehehe...

    tapi kalo disuruh pilih, yang paling berat menurt gue adalah yang susah ditemui. ketemu aja susah gimana mau ngasih revisiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya. Nah itu dia. Dospem emang wajib gampang ditemui. :(

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Ton Tangkas : Ketika Prajurit TNI AD dari Seluruh Indonesia Berkompetisi

Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

LDR : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Putusin Pacar Kamu