Nusantara Sehat : Membangun Negeri dari Pinggir Pertiwi

(c) here

Sebelum baca, sebaiknya kamu nyiapin kopi atau teh ama cemilan karena postingan ini bakalan panjang kayak usaha kamu untuk move on dari masa lalu yang terlalu indah untuk dilupakan begitu saja.

Mungkin ada yang sudah pernah dengar tentang Nusantara Sehat, ada yang sudah paham, dan ada yang baru dengar karena kerjaannya nonton korea melulu jadinya lupa ama negeri sendiri. 

Nusantara Sehat adalah program pemerintah kita (Kementerian Kesehatan) untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer demi mewujudkan Indonesia Sehat melalui peningkatan jumlah, sebaran, komposisi, dan mutu tenaga kesehatan. Nusantara Sehat merupakan program penempatan tenaga kesehatan di Puskesmas Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK) berbasis tim interprofesi.

Ini sesuai dengan visi dan misi Pak Jokowi-JK yang tertuang dalam 9 Agenda Prioritas Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka persatuan.

Pendekatan yang dilakukan dalam program Nusantara Sehat bersifat lebih menyeluruh (holistik) dan melibatkan anggota tim yang berbeda latar belakang, mulai dari dokter, perawat, serta tenaga kesehatan lainnya. Inilah yang dimaksud dengan pendekatan Team-Based.

Target program Nusantara Sehat adalah Puskesmas yang berlokasi di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di 48 Kabupaten/Kota di Indonesia. Kementerian Kesehatan akan mengirimkan sebanyak 960 orang tenaga kesehatan yang akan menempati 120 Puskesmas yang berada di wilayah DTPK dan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).


Melalui program ini, Indonesia memanggil putra-putri terbaik bangsa yang memiliki jiwa petualang dan semangat mengabdi untuk terjun langsung sambil memperkaya pengalaman menjadi tenaga kesehatan di puskesmas daerah-daerah DTPK dan DBK.


Jadi buat kamu-kamu (tenaga kesehatan) yang tidak punya nyali mengabdi ke tempat pelosok, tidak berani keluar dari zona nyaman, tidak rela jauh-jauh dari mall dan salon, NGAPAIN KALIAN BACA INI? 

Sampai kapan program ini berlangsung?

Program Nusantara Sehat akan berlangsung sampai tahun 2019.

Tenaga kesehatan apa saja yang dibutuhkan?

Dokter, Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Tenaga Kefarmasian, dan Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Dimana saja tim Nusantara Sehat akan ditempatkan?

Di 120 Puskesmas yang tersebar di Indonesia, daerah DTPK dan DBK

Berapa lama masa bertugas tim Nusantara Sehat?

Tim Nusantara Sehat akan bertugas selama 2 tahun. Setelah itu, tim akan ditarik kembali.

Berapa gaji yang diterima?


Apa saja syarat-syarat untuk mendaftar Nusantara Sehat?

Selain syarat-syarat umum seperti sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik, bebas narkoba, punya STR, dll ada syarat tambahan yang perlu diperhatikan, antara lain :
  1. Berusia di bawah 30 tahun, maksimal 25 tahun untuk tenaga kesehatan selain dokter umum.
  2. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama bertugas (cocok untuk yang jomblo)
Udah paham?

Kalau sudah paham, anggukan kepala.

Nah, bulan Mei kemarin, Nusantara Sehat Periode Pertama yang terdiri dari 143 pejuang muda (setelah menyingkirkan ribuan pendaftar/pejuang muda lainnya) telah dikirim ke puskesmas-puskesmas yang telah ditentukan setelah mengikuti pembekalan dan pelatihan tentang keahlian medis dan non-medis yang mencakup pelatihan kepemimpinan, manajerial, dan komunikasi, serta pemahaman terhadap budaya-budaya lokal.


Mereka dilatih sama TNI AL loh... Jadi pembekalannya semi militer gitu. Disuruh guling-guling di tanah, lari-lari dari masa lalu, bela diri, dll. Nih lihat video sepenggal aktivitas mereka sewaktu dibina TNI AL. Seru!


(c) here

(c) here

(c) here

(c) here

(c) here

Tenang aja, TNI itu gak abal-abal dalam menjalankan pembinaan mental dan fisik. Tidak seperti institusi yang itu tuh, yang sampai ada korban jiwanya karena kekerasan fisik. Lagipula kalo dilatih TNI, percaya deh, jiwa nasionalisme kamu akan bertambah berkali-kali lipat. Kamu bakal gak manja dan cengeng lagi. Kamu akan semakin cinta sama Indonesia.

Masih bingung? Nonton aja videonya biar ngerti.


Gimana? Udah tertarik pengen daftar? Udah gak sabar pengen ikut berpartisipasi? Udah gak sabar pengen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat? Udah gak sabar mengabdi pada Indonesia? Udah gak sabar liat mas-mas tentara? Udah gak sabar ke tempat yang jauh biar bisa move on? Udah gak sabar nyari jodoh di daerah tertinggal?

Siapkan dirimu, anak muda. Ibu Pertiwi memanggil!

Untuk informasi pendaftaran yang selengkapnya dan sejelas-jelasnya, kunjungi website Nusantara Sehat dan follow twitter @nusantara_sehat. Di twitternya, kamu bisa lihat gimana tahapan-tahapan pendaftaran sampai pembekalan, hingga serunya tim Nusantara Sehat mulai bertugas di puskesmas masing-masing. 

Inilah beberapa dari pejuang muda, putra dan putri terbaik bangsa yang punya semangat mengabdi yang tinggi... Salut untuk kalian...

(c) @ChristinLi

(c) @githaayu 

(c) @debbywuri 

Comments

  1. Kopinya udah habis, terpaksa siapin air putih satu gelas terus lanjutin baca tulisannya. Nusantara Sehat gak beda jauh dengan Indonesia Sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa ama gorengan.

      Hm, NS ini kesempatan buat anak muda yg ingin keluar dari zona nyaman

      Delete
  2. wih postingan yang bermanfaat mas :)

    ReplyDelete
  3. lebih cantik orangnya dari pada pemandangan alamnya gan..
    wkwkwk...

    ReplyDelete
  4. Postnya panjang banget mas , gax pegel ngetik y , btw thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Pengen ikutan Nusantara sehat tp ane dh meried ? Thanks infony sobb

    ReplyDelete
  6. Sya pengen daftar nusantara sehat kapan lagi mulai buka pendaftaranx? Mohon infox?

    ReplyDelete
  7. Sekarang udah buka mbah @Yani Suri pendaftaraannya. terakhir smp tanggal 20 juli 2016

    ReplyDelete
  8. Sekarang udah buka Mbak @Yani Suri. Pendaftaraan terakhirnya sampai tanggal 20 Juli 2016

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Ton Tangkas : Ketika Prajurit TNI AD dari Seluruh Indonesia Berkompetisi

Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

LDR : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Putusin Pacar Kamu