Tipe-tipe Mahasiswa Bimbingan Skripsi

(c) here

Setelah mengupas jenis-jenis dosen pembimbing, kali ini saya akan membahas tipe-tipe mahasiswa yang sedang bimbingan skripsi.

Mahasiswa semester akhir itu mudah diidentifikasi dari ekspresi wajah mereka dan cara mereka berjalan di kampus. Biasanya wajah mereka kusut, rambutnya berantakan, ketombean, gak mandi, sepatunya udah bolong-bolong, jalannya kayak mayat hidup setiap abis bimbingan.

Tapi tidak semuanya seperti itu. Ada juga yang tetap kelihatan cantik, tetap kelihatan seperti manusia yang bahagia walau skripsi abis dicoret-coret, walau dia udah bimbingan skripsi selama 30 tahun.

Berikut ini adalah beberapa tipe mahasiswa bimbingan skripsi pada umumnya.

1. Bersemangat
Tipe kayak ini cukup langka. Jarang ada mahasiswa yang tetap bersemangat sampai skripsinya selesai. Bersemangat di awal itu banyak, tapi begitu ketemu dosen pembimbing yang nyebelin, biasanya semangat mereka mulai memudar sedikit demi sedikit. 

(c) here

Mahasiswa yang bersemangat penuh ini mungkin sangat suka dengan skripsi, mungkin dia mengira skripsi itu adalah tulang rusuknya yang hilang. Efeknya, dia tetap gigih mengerjakan skrispinya, stok semangatnya tak terbatas walau dosen pembimbing suka ngasih ujian yang lebih berat daripada Tuhan.
         
2. Santai   
Kalau yang ini tipe selow, santai kayak di pantai. Teman-temannya udah pada nyusun Bab 4, dia baru mau nyusun Bab 1. Bukan karena dia malas tapi karena orangnya memang santai, gak menganggap skripsi sebagai momok menakutkan yang harus dikebut secepatnya. Pelan-pelan asal selamat.

(c) here

3. Suka Mengeluh
Namanya mahasiswa suka gitu, mengeluh terus. Mungkin tipe kayak ini memang aslinya manja jadi dia suka mengeluh dari semester 1. Dikasih tugas mengeluh, hujan mengeluh, cerah mengeluh, panas mengeluh, dingin mengeluh. 

Parahnya lagi, mereka suka mengeluh gak liat-liat tempat dan kondisi. Mengeluhnya di media sosial, nyindir-nyindir dosen pembimbing padahal mereka lupa dosennya ngefollow dia di Twitter, Instagram, berteman ama dia di Facebook, BBM, ama Path.

Ini mahasiswa kapan ngerjain skripsinya kalo kerjanya mengeluh doang? *bercermin*

4. Suka Menyemangati Diri Sendiri karena jomblo   
Tidak ada yang salah dengan menyemangati diri sendiri. Tapi kalo keseringan kesannya jadi kayak orang gila. Lagi jalan sendiri di jalan, tiba-tiba dia teriak sendiri, 'semangat skripsinya, cantik. Kamu pasti bisa.' Ngomong sama diri sendiri kayak gitu. Ini kayak orang yang punya kepribadian ganda. Lagi boker jam 2 malam, tiba-tiba dia teriak lagi, semangat skripsinya, cantik.. beolnya juga.'

Serem kan...

5. Diam-diam Menghanyutkan

(c) here

Mahasiswa yang pendiam dimana-mana selalu ada. Biasanya mereka pribadi yang tertutup, gak mau terbuka ama orang lain. Eh, tau-taunya dia digerebek Densus 88.

Nah, ada tipe mahasiswa bimbingan skripsi yang gak banyak bertingkah, gak banyak bicara. Ini mungkin kalo ke kampus, ketemu ama teman seperjuangannya, mulutnya dijahit biar gak bicara. Progresnya dalam nyusun skripsi tidak diketahui. 

Tau-tau dia udah mau sidang skripsi aja...
  
6. Suka Panik dan Heboh Sendiri
Ini sebelas-dua belas ama mahasiswa yang suka mengeluh. Mahasiswa yang suka panik dan heboh sendiri ini sekilas kayak alay-alay gitu. 

Nih, misalnya temen-temennya lagi nongkrong di perpus ngerjain skripsi, dia tiba-tiba datang terus dengan tingkah cabe-cabeannya ngomong...

Eh, loe semua tau gak siehhhh? Dosen pembimbing gueeehhh itu ngeselin. Gueehhh belum siap buat penelitian lagi. Guuueehh harus gimana, guys? 

Eh, tau-taunya dia diseret keluar ama penjaga perpus karena berisik.

(c) here

Sekian tipe-tipe mahasiswa dari saya yang sedang bimbingan skripsi. :)

Comments

  1. Saya belum bisa lanjut gara-gara bolak balik terus ngurus blanko tugas lab dan sampai sekarang belum juga ada hasilnya. Padahal tinggal satu blanko doank, tapi susahnya minta ampun. Ampe kecapean dan malas jadinya, apalagi udah berapa bulan ngurusnya belum juga keluar tuh blanko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menyerah... Biasanya kalo udah mulai malas itu tandanya udah dekat dengan tujuan :)

      Delete
  2. kamu sendiri yang tipe mana? btw... itu yang terakhir potret diri atau gimana? wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. hahahaha keren tuh poto nyaa hehe !!

    ReplyDelete
  4. Good article. Visit this website for reference Visit here

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Ton Tangkas : Ketika Prajurit TNI AD dari Seluruh Indonesia Berkompetisi

Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

LDR : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Putusin Pacar Kamu