Tips Mengerjakan Skripsi dengan Lancar

12:09 AM

Sudahkah kamu mengerjakan skripsi hari ini?

Sudah sampai bab berapa?

Kapan wisuda?

Mungkin kamu lelah mendengar pertanyaan seperti itu. Mengerjakan skripsi itu tidak gampang. Jalan menuju wisuda memang berliku. Supaya kamu bisa mengerjakan skripsi dengan lancar, berikut beberapa tips dari saya...


(c) here

1. Kuasai bidang judul skripsi
Semakin kamu menguasai judul skripsi (variabel penelitian) maka semakin mudah kamu mengerjakannya. Makanya saat mengajukan judul, usahakan untuk tidak mengajukan judul yang tidak kamu kuasai sama sekali atau yang tidak kamu sukai apalagi yang terlalu rumit dan bahkan tidak nyambung sama sekali. 

Contohnya seperti mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik yang bidang ilmunya cukup banyak seperti Hematologi, Parasitologi, Kimia Klinik, Virologi, Bakteriologi, dll. Ajukan judul skripsi yang kamu kuasai walaupun sedikit-sedikit, misalnya di bidang Analisa Air dan Makanan, judul skripsinya bisa "Identifikasi Silikon Cair Pada Dada Wanita" 

Nah, kalau sudah begitu, percayalah, kamu akan mengerjakan skripsi dengan lancar.

2. Temukan Zona Nyaman Kamu
Menurut survei yang saya lakukan di Sekolah Dasar Harapan Palsu, kebanyakan mahasiswa mengerjakan skripsi pada saat kondisi yang tidak ideal, tidak sesuai dengan zona nyamannya sendiri. Misalnya kamu suka berada di tempat yang sepi karena membuatmu fokus, maka jangan mengerjakan skripsi di pasar. Kamu merasa nyaman mengerjakan skripsi sambil dipeluk pacar, maka jangan ngerjain skripsi di pelukan selingkuhan (kecuali kamu merasa nyaman juga).

Jangan memaksakan diri mengerjakan sesuatu di kondisi atau lingkungan yang membuatmu tidak nyaman seperti di dalam selokan atau di rel kereta api.

Jangan...

3. Ganti Suasana Baru
Merasa bosan dengan hidupmu? Eh, maksudnya merasa bosan dengan lingkungan sekitar? Cobalah untuk mencari suasana baru. Bisa dimulai dengan hal sederhana seperti mengganti pacar atau mengganti muka kamu sendiri.

Cobalah mengubah tata letak kamar kost kamu. Ubah posisi lemari atau kasur. Atur kamar kamu agar suasananya terlihat beda. Atau kalau gak, pindah kost aja. Mungkin selama ini kamu gak bisa ngerjain skripsi dengan lancar karena ibu kost suka masuk ke kamar kamu secara tiba-tiba.

Mana masuknya bareng Pak RT sama Satpol PP. 

Ternyata itu Razia...

4. Berhenti Sejenak
Jangan memaksakan dirimu. Tidak ada salahnya berhenti sejenak. Istirahatlah sebentar kira-kira 30 tahun sampai adik tingkat kamu sudah jadi rektor di kampus. 

Ingat, jangan sampai kamu jatuh sakit hanya karena memaksakan dirimu mengerjakan skripsi 17 jam sehari. Jangan jadikan skripsi sebagai beban. Luangkan waktumu untuk jalan-jalan atau berlibur ke luar kota beberapa hari.

5. Kerja bareng dosen pembimbing
Nah... daripada kamu terjebak dalam lingkaran setan ngerjain skripsi-dicoret dosen pembimbing-ngerjain skripsi-dicoret dosen pembimbing-ngerjain skripsi-dicoret dosen pembimbing (gitu aja terus sampai Rhoma Irama duet ama Martin Garrix), cobalah untuk ngerjain skripsi bareng dosen pembimbing.

Memangnya bisa?

Bisa aja sih...

Datanglah ke rumahnya, pura-pura mau bimbingan skripsi. Begitu dosennya lengah, keluarin pisau, ancam dosen kamu biar dia mau ngerjain skripsi bareng kamu. 

Sekian tips dari saya yang skripsinya gak jalan-jalan dari zaman reformasi. Kalo kamu punya tips lain, share di kotak komentar ya :)

You Might Also Like

8 komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Jumlah Mantan

Google+

Teman-teman Bloggers