Tips Menghemat Uang (Anak Kost)

1:55 AM

(c) here

Sebagai mahasiswa yang tidak terlahir dari keluarga kaya raya, tentu salah satu kemampuan yang wajib dimiliki adalah menghemat uang. Pendidikan zaman sekarang itu mahal. Kasihan orang tua di kampung, harus banting tulang, jual sawah, jual kambing, minjem uang di tetangga, ngutang di rentenir. Mereka rela makan nasi sama garam, mereka tabah melihat anak-anak yang masih kecil juga harus ikut makan nasi sama garam. semua itu dilakukan biar anaknya yang gede bisa bayar kuliah, biar anaknya di kota orang bisa makan makanan bergizi.

Tapi apa...

Tapi anaknya malah ngabisin duit buat pacaran... Traktir pacar nonton bioskop pas weekend, traktir pacar makan di restoran yang air mineralnya saja 20 ribu. 

Tapi apa...

Tapi anaknya malah beli pulsa tiap hari buat nelpon pacarnya di planet Merkurius, buat beli paketan internet biar bisa BBM-an ama selingkuhannya, trus malah gak pernah nelpon orang tua.

Nah, bagi kamu yang sadar akan perjuangan orang tua, tentu kamu akan berusaha menghemat uang di tengah gempuran kebutuhan kuliah yang tiada habisnya. Dosen tiap hari ngasih tugas yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang tambahan buat fotokopi, nge-print, beli buku, ongkos transportasi, dsb.

Berikut tips dari saya tentang cara menghemat uang.


1. Jangan Pacaran
Udah dibilangin, pacaran itu buang-buang uang dan waktu. Tiap malming, pacar minta dijemput lah... minta dibeliin ini itu... udah gitu waktu kamu bakalan tersita karena setiap dia ngambek, kamu harus memecahkan kode wanita yang misterius itu.

Mending uang kamu ditabung, waktu kamu yang tadinya digunakan buat pacaran digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna seperti nyicil skripsi dari semester 1, ikut karang taruna atau bantuin nenek-nenek menyeberang jalan.

Yang LDR, daripada pulsa kamu habis gitu aja buat denger 'hmmm' doang tiap malam, mending ditabung uang pulsanya atau pulsanya dipake buat nelpon orang tua gitu setiap hari, kan lebih bermanfaat. Coba deh kamu bandingkan pengeluaran temen kamu yang jomblo dibandingkan pengeluaran kamu yang berpacaran entah dengan sesama manusia maupun beda spesies.

Udah deh, gak usah banyak mikir, putusin aja pacar kamu sekarang. 

2. Jangan Membeli Barang yang Tidak Kamu Butuhkan
Banyak orang masih tidak bisa membedakan mana barang yang dia butuhkan dan mana barang yang dia mau. Ingat, mau belum tentu butuh. 

Ada mahasiswa yang beli motor padahal jarak kost ama kampus cuma 100 meter. Ini buat apa coba? Buat pacaran? Gak usah... Ada juga yang beli hape mahal buat internetan doang. Kan internetan bisa pake modem atau ke warnet. Kasian penjaga warnet sekarang pada kesepian. Beli lah barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan seperti sabun dan tissue atau deodorant.

3. Kurangi Jalan-Jalan
Kuliah di kota-kota besar itu banyak godaan termasuk godaan jalan-jalan. 9 dari 10 mahasiswa di kota besar pasti memiliki teman yang suka jalan-jalan. Ini gimana kalo kamu diajakin terus? Atau mungkin malahan kamu yang suka ngajakin temen jalan-jalan? 

Gak jalan-jalan juga gak bakal bikin paru-paru kamu tiba-tiba bolong, gak bisa napas, terus mati di kamar kost dalam kesendirian, keles...

4. Pintar-pintar Mencari Gratisan
Untuk menghemat, pintar-pintarlah mencari gratisan. Misalnya ada acara nikah di kelurahan sebelah, datang aja pake batik. Salamin bentar pengantinnya terus makan deh. Gratis. Atau nebeng-nebeng transportasi ama temen, pedekate ama ibu kost biar dikasih makan, atau deketin rektor kampus biar kamu gak usah bayar uang kuliah.

Nah, itu sekian tips menghemat uang bagi mahasiswa. Jika ada tips lain, comment di bawah ini ya...

You Might Also Like

44 komentar

  1. Wah artikel ini cocok gan buat ane yang boros :D

    ReplyDelete
  2. cocok banget dah, ane coba dulu :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bagus, tetap Jomblo ya biar bisa menghemat uang

      Delete
  4. saya mah udah lulus kuliah
    tapi hrs ttp hemat sih
    tapi itu tips terakhirnya tips yg paling oke tu :D

    ReplyDelete
  5. Untung aku bukan anak kost. Wakakak >_<

    ReplyDelete
  6. widih untung gue bukan anak kos'an. tapi tips yang parah itu jangan pacaran agar selalu bisa menghemat bagi anak kos. emang bener sih pacaran itu ngabis-ngabisin uang, apalagi yang pacarnya mata duitan. tapi seolah-olah ketika seumur hidup ngekos jadinya seumur hidup harus jomblo terus :D

    ReplyDelete
  7. Anjirrr gue sebagai anak kos ngerasa bgt nih, point yg agak susah itu ya nolak di ajak jalan sama teman2. Kalo kuiah di tempat yg banyak tempat wisatanya tapi kita gak pernah nyicipin satu pun kan rugi, ye kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan gak harus gak pergi sama sekali tapi dikurangi. Sebulan sekali ato dua kali aja perginya.

      Delete
  8. kayaknya, yang cocok buat gue cuma nomer 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan kayaknya. Padahal sebenarnya nomor 1 yg cocok. Siapa tahu...

      Delete
  9. Yang no 1, udah jomblo jadi nggak mungkin

    ahah yang gratisan enak tuh.. dateng ke acara kawinan orang..

    ReplyDelete
  10. ikut2 seminar, biasanya dibagi makanan sama minuma gratis. tapi kalau ada seminar yang nggak nyediain begituan, ya... kasian juga sih anak kos nya :"))

    tapi, betul. secara nggak langsung pacaran iotu bakal terasa mahal buat anak kost yang ekonominya emang menengah kebawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seminar kan rata-rata harus bayar dulu. Gak efektif sih menurut saya. Bagus anak muda, jangan pacaran.

      Delete
  11. Kalo gak anak kos boleh kan nerapin tips ini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh lah.... Ini bisa diterapkan di segala kondisi.

      Delete
  12. Gue merantau di Pekanbaru, dan gue merasakan banget pengeluaran yang enceeer. Menurut gue tips lo yang terakhir bisa di terapkan nggak lami lagi. Nggak lama lagi kan bulan puasa. Kalau bulan puasa kan banyak takjil-takjil gratis. Kalau banyak takjil gratis kan gue nggak harus beli makanan pakai uang. #MentalGratisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's my boy... Itulah kenapa bulan puasa dinamakan bulan penuh berkah

      Delete
  13. sangat bermanfaat sekali tipsnya buat mahasiswa, kayaknya semua tipsnya tanpa sadar udah gua terapkan. Kalo bisa gua tambahin sih, cari temen yang baik, yang suka traktir temen, terus makan cuma dua kali sehari, kalo bisa sih sehari sekali. Sama minjem buku diperpustakaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Tapi kenapa harus minjem buku di perpustakaan?

      Delete
  14. Haha, boleh dicoba nih tipsnya... ada lagi bro, puasa setiap hari... pergi jalan kaki (biar hemat), ikut seminar dpt ilmu, sebenernya makanannya sih yg diincer, apalagi kalo seminar yang ngisi menteri, udah dah dijamin kenyang, oh iya saya setuju juga tuh yang pacaran, soalnya mending kan duitnya ditabung, biar buat nikah, bener ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi banget men... Duitnya ditabung aja buat nikah

      Delete
  15. Waduh tips lo kali ini nagi gue kayanya terlalu ekstrem banget bro, kalau kuliah gak usah pacaran hidup gue, berarti sama aja kaya gini-gini aja dong, jomblo lagi. gue punya rencana kalau kuliah gue mau sambil nyari calon istri bro. hehehe. terus juga gue orangnya suka traveling,(bukan shopping) kalau hobi gue yang satu ditiadakan, rasanya sebagian hidup gue ada yang kurang bro. hehehe

    kalau masalah menghemat uang dan waktu, mungkin gue cari cara yang sesuai dengan kebutuhan gue sendiri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveling ala backpacker sih masih bisa. Kalo plesirannya mau mewah sih jelas dompet bakal jeblok. Kecuali lu emang kaya

      Delete
  16. Itu tips yg no 1 ngeselin amat wakakak tapi emang ada benernya jg sih, pacaran cuma buang2 waktu dan duit doangg.. #Hazeekk Jd intinya anak kost itu wajib menjomblo ya supaya hemat? Hahaa

    Sama yg 4 jg tuh, nyari makanan gratis spertinya lebih efektif dikala gak punya duit. Asal jgn nyolong ke warteg aja, ntar digebugin ibu2 wartegnya lagi, wkwk

    ReplyDelete
  17. Ha..ha..., begitulah nasib sebagai mahasiswa dan anak kost.
    Saya setuju dengan tipsnya, benar sekali, dan sepertinya saya sudah terapkan. Kalau ada teman yang ajak jalan saya selalu menolak krn memang saya lebih suka di rumah, daripada pergi jalan menghabiskan uang waktu dan tenaga mending di rumah bersantai sambil nonton, anime juga boleh, he..he...

    Dan untuk tips yang terakhir "pinar-pintar mencari gratisan" kayaknya sangat cocok untuk kita yang mahasiswa, suka cari gratisan, he..he....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup Gretongan! Hidup Anime Hentai! #salahfokus

      Delete
  18. Kalau putusin pacarku sekarang tapi nggak punya pacar mau putusin siapa dong :(

    Tapi kalau diajak jalan ya aku nggak bisa nolak sih, selama masih ada uang kan tentunya. Sayang juga kalau terlalu pelit dengan uang. Uang bisa hilang tapi pengalaman selalu ada di ingatan brooh. Tapi bener juga katamu, mending kita kurangi jalan jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan disuruh nolak sih, tapi dikurangin -_-

      Delete
  19. Aduh kayaknya ini postingan sensi amat sama yang pacaran..., ya. Semua poin aku setuju sih. Tapi untuk poin pertama aku mau nyangkal. Kenapa? Karena aku anak kosan juga, merantau juga, pacaran juga. Dan, nggak selamanya pacaran itu buang-buang uang. Well, intinya pinter-pinter pilih pacar. Kalo punya pacar yang morotin jelas mending nggak usah pacaran. Tapi kalo pacarnya malah bisa mendukung buat nabung, kenapa nggak? Apalagi kalo doi pinter ngatur keuangan juga. Malahan kan jadi kompak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak-nya gak masalah. Cowoknya yang pusing kalo mau pacaran keluar ongkos berapa.

      Delete
  20. Cocok banget nih buat aku yang bentar lagi mau kuliah. Biar nggak berakhir dengan jual diri, aku mau menghemat uangku.

    Buat point yang pertama kayaknya bakal aku lakuin nih. Aku punya pacar dan bentar lagi kalo kuliah aku mau jadiin dia istri. Biar nggak pacaran lagi. Kan enggak ngabis-ngabisin uang.

    Dan yang paling setuju adalah pintar pintar cari gratisan. Ini wajib. Wajib banget malah. Soalnya gratisan adalah hak segala bangsa. Jadi untuk itu aku perlu membuat catatan untuk barang-barang gratisan bulan ini.

    ReplyDelete
  21. Gak usah makan juga menghemat uang broo. :D

    Bener banget tuh, jangan pacaran. Pokoknya kalo jadi anak kost jangan pacaran deh. Tapi, harus sering pake/beli batik biar gampang ke acara orang lain HAHAHA. :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Jumlah Mantan

Google+

Teman-teman Bloggers