Mr. Robot (2015) : Serial TV tentang Hacker

4:24 AM

(c) here

Ada yang udah nontn film ini?

Mr. Robot adalah serial TV yang tayang perdana beberapa bulan lalu. Well, bagi beberapa kalangan masyarakat Indonesia (apalagi yang internetnya lemot), film serial dari barat itu terkesan eksklusif karena hanya bisa dijangkau dengan saluran TV berbayar dan internet. Iya internet... #IfYouKnowWhatIMean

Begitulah... Orang Indonesia masih betah nonton acara gratisan seperti Ganteng-Ganteng Somplak dan Manusia Kucing. Mindset orang tua masih menganggap TV berbayar itu identik dengan TV berbau acara porno. Ya gak ada salahnya juga sih, orang barat emang suka pamer ciuman, pake bikini dan adegan ranjang. 

Serba salah kan...

Ini kenapa jadi ngomongin moral?

Nah, Mr. Robot ini film tentang Hacker gitu dengan genre Drama-Crime. Ya hacker emang dimana-mana genrenya Crime. Mungkin ada yang mau bikin film hacker genre romance gitu... Jadi hackernya ngegombal dan ngerayu cewe pake kode css dan html. 

KISS ME.txt

Yang membuat film ini menarik (menurut saya) adalah karena ini film serial, bukan film layar lebar. Jadi aksi-aksi hacker gak abis dalam durasi satu jam. Gak seperti film Blackhat misalnya. Masih ada episode-episode lainnya, masih banyak aksi yang patut ditunggu. Dari episode pertama, plotnya cukup menarik. Istilah-istilah teknik gak sebanyak serial Silicon Valley yang bikin translator subtitle film bajakan sakit kepala.

Episode pertama menceritakan perkenalan Elliot (diperankan Rami Malek, mas-mas yang mirip Bruno Mars) tentang "kelainannya" dan tentang pekerjaannya. Siang jadi pegawai kantoran, malam jadi bences di lampu merah. Aksi perdana Elliot sebagai seorang hacker yang menjunjung tinggi Pancasila (sila ke 5) dalam episode pertama adalah menangkap om-om pedofil yang dikenal sebagai pria baik-baik pemilik kafe/kedai minuman Ron's Coffee.

Awalnya Elliot cuma numpang WiFi-an (hacker juga bisa fakir internet) di kedai minuman tadi karena inet disitu kencang. Tapi kemudian dia malah nge-hack jaringan dan komputer om-om pedofil ini. Gimana ceritanya? Nonton sendiri aja.

Setelah itu Elliot bertemu dengan sekelompok Hacktivist bernama fsociety lewat serangkaian serangan DDoS. Target kelompok ini adalah orang-orang berpengaruh (perusahaan kartu kredit). Tujuannya biar utang-utang masyarakat bisa dihapus. Mereka mencoba merekrut Elliot.

Apa yang dilakukan Elliot selanjutnya?
A. Bergabung bersama kelompok hacktivist
B. Diam saja dan mengabaikan mereka
C. Melaporkan mereka ke polisi
D. Pulang ke rumah dan nge-download film dari Torrent.

Sepertinya film ini bakal jadi film yang menarik...

You Might Also Like

8 komentar

  1. Belum pernah nonton. Cocok nih buat dijadikan referensi akhir pekan, sekalian buat hilangin stress karena skripsi belum kelar-kelar juga.

    ReplyDelete
  2. Ditayangin di stasiun tipi berbayar yg mana ini pelmnya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau di channel apa, soalnya nontonnya dari internet :p

      Delete
  3. reviewnya azzaaaib,hahaha..

    ReplyDelete
  4. Ada karakter Muslimah sebagai member FSociety, namanya Trenton, diperankan oleh Sunita Mani,, awalnya bilang mantap nih MR.Robot,,, sangat menonjolkan keberagaman,,, tapi pas di episode 7 Trenton cerita kalau ayahnya orang Iran,, respek ane hilang,,, oke lah dia pake hijab, tapi Iran = Syi'ah,, Aliran sesat yg menghina para sahabat nabi, menambah-nambah ayat AL-Qur'an, dsb,,


    gk cuma pemilihan Syi'ah yg jadi "wakil islam" di MR Robot ini yg bikin ane kurang suka,,, tapi penyimpangan sex yg sangat ditonjolkan di serial ini, yakni kaum LGBT,,, Bahkan di salah satu episode ditayangkan dua orang homo/gay lagi ML dengan posisi Dogy Style, menjijikan,, ketika adegan sex heterogen yakni hubungan normal laki dengan perempuan malah dicut, dan ditampilan sangat tidak vulgar, eh malah adegan homo lagi berhubungan intim malah ditampilkan secara vulgar,,,

    kayaknya serial Mr Robot ini sangat menonjolkan sisi penyimpangan dalam social, sesual dengan tema nya yg emang gelap banget,,,

    selain dari itu ane cukup suka dengan tema hacker nya yg menguji pemahaman ane tentang dunia IT, istilah-istilah nya yg geek banget,,, hanya satu yg ane kritisi,, masa server yg OS nya tidak menggunakan windows tapi virus/rootkit nya malah berekstension .dat (file dat), ini sering disebut di seasson 1, faktor penyebab pimpinan Evil Corp lengser,,, tapi ane cukup salut dengan adegan saat hacker in action yg bener-bener real, gk kayak si felicity smoak di serial The Green Arrow yg pake komputer tampilan full GUI tapi sok-sokan pake keyboard, sok ngetik cepat di keyboard kayak orang lagi ngetik skripsi dikejar deadline, banyak omong dan proses hacking nya gk masuk akal,,, kalo di serial Mr Robot, penggunaan keyboard normal, emang dipake buat ngetik perintah di program hacking yg dipake karakter hacker nya, gk kayak orang ngetik skripsi.

    ReplyDelete
  5. Wkwkwk..Lucu agan jelasinnya.
    Patut dicoba ini serialnya. Tengs..

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Jumlah Mantan

Google+

Teman-teman Bloggers