Ton Tangkas : Ketika Prajurit TNI AD dari Seluruh Indonesia Berkompetisi

(c) here

Ton Tangkas atau Peleton Tangkas adalah lomba tahunan yang bertujuan meningkatkan kompetensi prajurit TNI. Menurut Wakil KSAD, Letjen TNI Muhammad Munir, lomba ini sebagai tolak ukur pembinaan prajurit di masing-masing Kodam. Iya dong, kalo yang kalah berarti ketahuan prajurit di Kodam tersebut kurang push up, kurang dijemur, kurang gaji dan kurang kasih sayang.

Oke, ampun Om, itu cuma bercanda. *takut ditampar sama tentara*

Sebanyak 15 kontingen yang merupakan perwakilan dari 13 Kodam dan 2 Divisi Infanteri dari Kostrad mengikuti Lomba Peleton Tangkas TNI Angkatan Darat TA. 2015 yang di selenggarakan di Magelang, Jawa Tengah dari tanggal 9 sampai 15 Juni 2015.

Bingung? Simpelnya, ini adalah lomba khusus tentara (Angkatan Darat) tingkat nasional dimana setiap kontingen merupakan wakil dari kodam yang merupakan wilayah-wilayah pertahanan di Indonesia. Jadi yang ikut lomba cuma perwakilan aja, gak semua prajurit dari Indonesia ikut. Kalo semua ikut, yang jaga pos siapa? Yang jaga perbatasan siapa? Yang jaga hati kamu siapa? Eh...

Nah, karena abang-abang ini adalah tentara, otomatis lomba mereka berbeda dong dengan masyarakat biasa. Mereka gak ada lomba makan kerupuk, lomba balap karung, atau lomba lari dari masa lalu. Lomba mereka itu berat-berat dan menguras fisik. Sebut saja seperti rayapan tali, jaring pendaratan, adu lempar pisau dan kapak, lomba menembak, renang militer (berenang pake seragam perang lengkap dengan senjata), lintas medan (mendaki gunung, lewati lembah), lomba lari 3,2 km, sampe lomba bela diri militer Yong Moo Do (berkelahi sampe salah satu mati! Gak, bercanda).

(c) here

(c) here

Kebayang kan seberapa beratnya lomba peleton tangkas ini... Kalo saya disuruh memilih antara ikut lomba ini atau ngerjain skripsi, jelas lah saya lebih memilih berlibur ke pantai.

Hari senin sore tanggal 15 Juni 2015, lomba Ton Tangkas ini udah selesai dan ditutup oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam suatu upacara militer di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Dan juara umum dari lomba ini adalah... *jreng, jreng* *pukul-pukul laptop karena ga ada drum*

Selamat kepada DIVIF-1/Kostrad

(c) here

(c) here

Berikut hasil lengkapnya...

(c) here


Kasian nih prajurit dari Kodam lain yang kalah. Pasti mereka bakal dijemur satu minggu di lapangan Kodam masing-masing sampe jadi ikan asin.

Peace bang...

Sejak awal berita Ton Tangkas ini muncul di Kompas, saya udah penasaran bakal seperti apa lomba ini. Pasti seru nih, secara mental prajurit TNI itu gak cemen kayak mental mahasiswa yang baru dicoret sekali draft skripsinya, di-php dosen pembimbing 500 kali, udah merasa hidupnya terlalu berat untuk dijalani.

Bener aja, pas ngecek di Youtube, ada dua video dari Ton Tangkas 2015 yang menarik untuk dilihat. Video ini direkam saat materi lomba kesegaran jasmani (lari 3,2 km). Nah, dalam dua video itu kita bisa melihat mentalitas dan semangat juang tinggi yang diperlihatkan prajurit TNI. 

Tampak dalam video, dua orang prajurit TNI mengalami kendala saat mengikuti lomba lari. Tapi apa yang dilakukan oleh keduanya sungguh membuat saya merinding. Ya, mereka sama sekali tidak keluar dari lomba atau memutuskan untuk menyerah dan berhenti walau fisiknya udah gak kuat lagi (yang satunya udah ngos-ngosan, kayaknya paru-parunya udah mau meledak, dan yang satunya lagi kakinya cidera). Mereka sampe merangkak kayak bayi hanya untuk sampe di garis finish. 

Gila, semangat pantang menyerah dari mereka patut ditiru. Mereka pantang menyerah sebelum sampe di garis akhir. 

Atau mungkin karena takut dihukum aja ama komandan kalo berhenti di tengah lomba.


Nih, videonya...

Comments

  1. Bener semangat dari mereka patut untuk ditiru. Nggak untuk lombanya, udah kayak ninja warrior aja.

    Jadi lomba ini kayak olimpiade gitu ya, ada medali-medalinya segala. Kasian yang nggak dapet apa-apa cuma pulang dapet capek doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kayak Olimpiade juga. Lebih kayak PON #heh #SokTahu

      Yep, kalo nonton videonya pasti merinding.

      Delete
  2. Wah keren juga nih. bukan cuman siswa aja yang ada lombanya tentara juga ada.
    tahun depan ikut ah... (padahal belum jadi tentara)

    Pleton tangkas ini berarti sekalian mau buat ngebuktiin kodam mana yang lebih bagus. kayak gitu, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pastinya. Kodam yang juara sudah pasti lebih baik pelatihan personilnya dibandingkan Kodam yang lain.

      Delete
  3. kalo tni mah emang udah biasa dengan beban fisik yg berat2 seperti itu. terutama yg bagian pasukan khusus tni. itu malah lebih berat lagi latihan beban fisik mereka.

    ton tangkas ini tiap tahun diadain di akmil magelang atau selalu pindah2 tempat bro?

    bravo dah untuk mas n pak tni. moga aja tetep semangat melaksanakan tugasnya, tanpa meminta tanda jasa semacam angpao lebaran nanti. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya makanya itu... bayangin kalo yang terbiasa latihan berat dikumpulkan lalu dibikin kompetisi mana yang terbaik... pastinya menarik hehe

      Delete
  4. sebenarnya kalau bapak-bapak TNI sih udah biasa dengan yang beginian, seperti lari dan tantangan ketangkasan yang lain. tapi kalau di jadikan kompetisi begini, pasti akan menambah semangat bagi mereka, dan bagusnya sih ini sebagai tempat latihan kesiapan sebagai seorang tentara yang harus siap dalam keadaan apapun.
    jadi bagus lah dengan kegiatan seperti ini. semoga terus berlanjut dan tak pernah berakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sih latihan terus di markas masing-masing tapi kan kita gak pernah tau dari markas mana yang paling siap, makanya dibikin kompetisi kayak begini.

      Delete
  5. gue baru kali ini baca postingan blogger tentang tentara gini, kamu anggotanya atau pecinta tentara?(pecinta disini bukan yang menjurus ke sana ya, hahah)
    keren ya mereka bisa kuat gitu fisiknya, ya namanya juga tentara, kalau gak kuat fisiknya gimana mau melindungi nkri, XD
    dan bener kata kamu, tentara yang melakukan hal yang berat kaya gitu aja gak menyerah, masa kita gak bisa sih? nice :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pecinta wanita Neng... :p

      Yep, itu poinnya. Gak boleh menyerah untuk mendapatkan cewek #salahfokus

      Delete
  6. kodam II sriwijaya no 5 ya,
    wah pasti bakal banyak tuh yang kena kedisiplinan setelah lomba.


    btw, itu kemarin di tvone kalau nggak salah bahas prestasi TNI dikancah dunia dalam lomba menembak taw apa gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin yang lomba tembak di Australia kemarin. Kalo udah Internasional mah udah beda levelnya... Itu yang dikirim ke sana prajurit2 terbaik.

      Delete
  7. Wih, gue baru tau TNI AD ada lomba kayak gini. Kayaknya emang event yang keren banget yah..

    Gue emang salut sih ama tentara Indonesia. Latihannya keras-keras, semangatnya tinggi, dan kuat-kuat. Kopassus Indonesia aja termasuk pasukan elite dunia kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulunya... Sekarang sih dunia barat gak mau ngaku kalo Kopassus lebih hebat dari mereka

      Delete
  8. Wih keren banget gan. Hebat bisa nemu info ginian hehe
    mampir balik ya!

    ReplyDelete
  9. Perjuangan mereka, emang patut untuk kita jadikan acuan dalam menciptakan semangat yang baru.

    Gue kalo ngebaca atau bahas soal TNI, sering gerak2 sendiri gitu. Seru aja, ngeliat mereka penuh semangat dengan kompetisi gitu.

    Gue kok jadi pengen ikutan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikutan. Tapi daftarnya yang untuk AKMIL biar kalo lulus bisa jadi komandan.

      Delete
  10. TNI kits emang kereeeennn!! Kita harus bangga lah, dan yg bikin guegagal fokus adalah kenapa mereka pake kaosnya pink sama sepatu oranye. Mungkin dengan wafna cerah, semangat mereka juga bisa jadi mengangkasa gitu kali ya, bisa jadi....

    Dan kamu detail sekali ngejelasinnya, apa kamu mau jadi TNI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau tapi gak bisa karena kondisi fisik gak Samapta.

      Delete
  11. Namanya jg lomba pasti ada yg kalah, yg penting mereka sudah berusaha skuat tenaga, klo belum menang berrti gk rezeki, masa ia mau d jemur, lomba itu jg pertaruhkan nyawa mereka, bkn main2 ,masa ia d jemur.

    ReplyDelete
  12. Horasss...... Kodam I/BB ada diperingkat tiga besar, keren!!!

    ReplyDelete
  13. Horasss...... Kodam I/BB ada diperingkat tiga besar, keren!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

LDR : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Putusin Pacar Kamu