Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

3:20 PM


Jejaring sosial dan internet sudah mengubah pola hidup dan interaksi sosial manusia. *sok jadi dosen* *muntah papan tulis*

Sebenarnya penting gak sih ngucapin selamat ulang tahun ke temen?

IMO, ngasih ucapan selamat ke temen itu penting karena dengan begitu kita jadi saling ngerasa memiliki satu sama lain. Apalagi yang ngucapinnya niat banget sampe bikin kejutan kayak neplokin telur campur tepung sampe diikat di tiang lampu merah. Temen yang ulang tahun jadi merasa harinya emang bener-bener spesial dan gak bakal dilupakan seumur hidup.

(c) here

(c) here

Kayaknya mereka benci banget ama yg ultah (c) here

Yang ini kok kayak korban-ah sudahlah (c) here

Polisi juga ngerayain Ulang Tahun (c) here

Buat kamu yang sering kebanjiran ucapan selamat ulang tahun di jejaring sosial (diucapin sama teman dunia maya dan atau teman dunia nyata yang ngirim ucapan lewat dunia maya juga) pasti senang dan bahagia karena setidaknya banyak yang peduli dan sayang sama kamu. 

Yep, salah satu ciri teman yang baik itu adalah teman yang masih ingat ulang tahun temannya. Apalagi yang temen yang masih nyempetin waktu, tenaga dan uangnya buat ngasih kado di hari berbahagia ketimbang cuma ngirim chat yang isinya 'HBD WYATB' doang. Udah gitu walau cuma ngirim 8 huruf tapi langsung minta ditraktir. Nih temen macam apa ini?

Nah, kamu pasti setuju kan kalo teman yang baik itu teman yang ingat ulang tahun temannya?

Sekarang coba untuk tahun ini, (yang ulang tahunnya belum lewat), lakukan hal sederhana di bawah ini buat ngetes temen.

Sembunyikan atau hapus informasi tanggal lahir di semua akun jejaring sosial (terutama facebook). Saat hari ulang tahun kamu tiba, jangan buat status tentang ulang tahun, apalagi status tentang kode buat dibeliin mobil ama pacar. Anggap aja hari itu hari yang biasa. Hitung berapa banyak teman yang ingat hari ulang tahun kamu dan ngucapin ke kamu.

Kalau banyak, selamat kamu punya banyak teman baik.

Kalau sedikit, selamat kamu masih punya teman baik walaupun sedikit.

Kalau tidak ada temen yang ingat hari ulang tahun kamu karena gak ada pemberitahuan di media sosial ataupun karena gak ngeliat status temen lain yang ngucapin ulang tahun ke kamu, berarti... Simpulkan sendiri :)

Masih ingatkah kamu waktu dulu, teman-teman kamu ramai-ramai datang menemui kamu, lalu menjabat tangan dan memeluk kamu sambil memanjatkan doa agar selalu sehat dan panjang umur? Bahkan beberapa ada yang menyiapkan kado buat kamu. Masih ingat perasaan senang itu?

Mereka datang bukan karena notifikasi di jejaring sosial, mereka ingat bukan karena membaca status kamu di jejaring sosial atau membaca ucapan selamat dari orang lain ke kamu. Mereka datang karena mereka tahu persis kapan teman mereka berulang tahun. 

Kalo saya sih udah merahasiakan tanggal ulang tahun saya di semua akun media sosial sejak tiga tahun yang lalu dan puji Tuhan cuma dua orang yang ingat ulang tahun saya. Yah, wajar sih, soalnya saya sendiri gak ingat hari ulang tahun temen-temen saya. *kita sama-sama temen yang buruk*

Ini mungkin hal sepele (menyembunyikan tanggal lahir dan tidak mengungkit ulang tahun pas hari H) tapi hasilnya nanti bisa bikin kamu sadar mana teman yang masih ingat sama kamu... Bikin kamu sadar bahwa jejaring sosial telah membuat kamu dan teman-teman kamu saling menjauh dan saling melupakan. Sadar kalo jejaring sosial dan internet tidak hanya mendekatkan yang jauh tapi juga menjauhkan yang dekat.

Kata dosen psikologi saya sih, orang kalo makin bertambah umurnya makin sedikit temennya karena pada sibuk dengan kehidupan masing-masing. Jadi sayangilah temenmu selagi masih punya banyak temen. Jangan saling menikung, rebut-rebutan pacar.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Yoi, intinya saling menyadarkan aja sih, karena kepedulian teman ga cuma diukur dari ingat ngga-nya mereka sama ulang tahun kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih, tolak ukurnya bukan itu. Tapi dng cara di atas kita jadi tau mana temen yg emang peduli ama hari ulang tahun kita dan mana yang cuma sambil lalu aja.

      Delete
  2. Kalo ngucapin di facebook cuma rutinitas aja sih, lagian kalo punya temen banyak masa mau diinget gitu. Gak kan orang gak keluar ujian.

    Kalo aku sih ulang tahun cukup aku aja yang tau, ada yang ngucapin ya terima kasih. Nggak ada ya biarin.

    Setuju sama komen diatas, ikatan pertemanan gak dinilai dari ingat nggaknya ultah temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teman facebook mah kejauhan. Lingkarannya terlalu luas, mulai dari temen deket sampe temen yg gak pernah ketemu di dunia nyata. Emang gak bisa diingat. Temen facebook aku aja 4.900'an haha...

      Maksudnya itu temen yg di sekitar, temen nongkrong bareng. Temen yg dulunya suka ketemu langsung di hari ulang tahun, sekarang ogah2an, cukup ngirim HBD doang. Entar kalo diajak makan baru deh nongol. Ya cukup tahu aja...

      Delete
  3. yang gua lihat dari tulisan ini kayaknya bukan orang ngerayain temen yg lgi ultah tpi mlah kyak orang yang lgi ngebully temen yg lgi ultah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cuma di Indonesia yang Ultah harus dianiaya dulu.

      Delete
  4. anjayyy
    gambarnya... itu orang-orang kayaknya benci banget ya sama yang ultah.
    sampe segitunya

    klau saya sih emang udah nggak ada yg inget selain keluarga sendiri

    ReplyDelete
  5. kayaknya boleh dicoba tuh, ngumpetin tanggal ulang tahun. dan kyaknya ga ada juga yg inget sma gue, behahaha.

    yah, sbnernya itu bisa juga sih jdi ujian utk temen kita juga. ujian, sbnernya dia teman yg bneran peduli atau sok peduli sama diri kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dulu, siapa tau masih bnyak temen yg ingat.

      Delete
  6. i did it for a long long ago. yang ngucapin sedikit, tapi karena mulutnya ember, tetep aja sekelas tau. dan itu lucu, hahaha. karena bagaimanapun, kita nggak bisa memaksa semua orang (friend, instead) untuk menghafal tanggal lahir kita. emang temennya dia kita doang ^^ cmiiw, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... itu buat temen jauh sih. Emang gak bisa menuntut dan memaksa temen supaya ingat hari ulang tahun kita, tapi untuk kategori temen deket, kayaknya kebangetan.

      Delete
  7. bayangin jaman dahulu sebelum adanya jejaring sosial. jaman pas dimana hanya orang orang tertentu yang tahu ulang tahunmu. dan itu pasti tulus. bukan sekedar ikut ikutan haha

    ReplyDelete
  8. gue setuju sama lo haha emang kalo umur udah semakin tua ya akan sedikit yang inget ulangtahun kita. akan keliatan mana yang bener-bener temen yang peduli sama kita mana yang engga. lol.

    dan kalo waktu kecil banyak yang ngucapin ke kita sekaligus ngasih hadiah... itu bukan cuma semata-mata mereka inget sih. jangan kegeeran haha. bisa jadi mereka kayak gitu karena lo sendiri yang ngasih undangan ulangtahun yang ada tanggalnya. hahaha.

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Jumlah Mantan

Google+

Teman-teman Bloggers