5 Jenis Guru Unik Saat SMA


Seharusnya ini lebih cocok dibahas pas bulan November nanti saat HUT PGRI biar lebih 'ngena' di hati. Tapi bodo amat ah... 

Jadi tadi di beranda facebook saya muncul video tentang anak SD yang berani menantang perempuan dewasa berpakaian KORPRI yang diduga adalah guru sekolahnya sendiri.

Sudah banyak kasus dan video yang beredar tentang degradasi moral dan etika anak sekolah zaman sekarang. Saya sudah cukup banyak melihat video anak SMA melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan seperti merokok di kelas, tawuran antar sekolah, berkelahi dengan teman sendiri, menindas adek kelas, sampai video bokep SMA--Uhuk! 

Saya masih sedikit memaklumi jika kelakuan anak SMA seliar itu karena mereka mulai memasuki fase 'siapa saya?' yang ingin mencoba banyak hal baru, mencoba bebas berekspresi, dan alasan-alasan klasik lainnya.

Tapi kalau anak SD? What the hell is wrong with our country. Anak SD itu harusnya jadi dedek-dedek imut yang polos, yang bandel, tapi kalau sudah dimarahi bakal berdiri di pojokan sambil menangis.



Melihat video tadi, saya langsung bernostalgia dengan masa-masa sekolah. Tapi bukan pas SD karena tidak banyak yang bisa diceritakan pada masa itu selain bocah lugu yang masih bertanya-tanya darimana bayi berasal. Saya hanya teringat masa SMA yang penuh dengan cerita seru. Dulu waktu masih SMA, ada beberapa jenis guru yang unik. Jenis-jenis ini mungkin hanya bisa ditemukan di sekolah saya, mungkin juga ada di sekolah-sekolah lain.

Berikut ini 5 jenis guru unik di sekolah SMA saya.

1. Guru Kalender Akademik

Guru ini aslinya adalah guru mata pelajaran bahasa Inggris. Doi berjenis kelamin perempuan dengan wajah yang masih menarik di usianya yang sudah paruh baya. Kenapa saya menyebutnya guru 'kalender akademik'? Karena setiap kali doi mengajar, 90% yang dijelaskan hanyalah kalender akademik selama setahun. Mulai dari jadwal ulangan semester, jadwal libur, sampai jadwal ujian nasional. Berapa lama lagi waktu kita untuk bersantai, berapa lama lagi waktu kita untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi UAN sampai berapa lama lagi waktu yang kita punya untuk mengungkapkan perasaan pada gebetan.

2. Guru Dosen

Ini guru matematika. Doi guru yang menguasai bidangnya dengan sangat baik. Hanya saja doi menerapkan aturan yang membuat anak nakal berpikir berulang kali untuk bolos di pelajaran matematika. Doi punya aturan sendiri yang harus dipahami semua murid. 

Tidak masuk 3 kali (entah itu sakit, sibuk, dll), maka siswa yang bersangkutan tidak diperkenankan ikut ulangan semester. Saya sampe nekat lompat pagar buat masuk kelas. FYI, di sekolah kalau sudah lewat jam 7 pagi, pagar masuknya dikunci.



3. Guru Greget

Guru yang satu ini adalah guru bahasa Indonesia. Doi punya metode mengajar yang bikin murid-muridnya gregetan. Kalau biasanya guru menulis di papan agar murid-murid bisa baca, yang satu ini beda. Doi hanya melukis abstrak berupa garis-garis tak beraturan di papan sambil menjelaskan. Kalau selesai menjelaskan, doi bakal memilih salah satu murid untuk menjelaskan ulang di depan. Yang tidak memperhatikan dari awal bakal tamat riwayatnya.


4. Guru Religius

Well, yang ini guru agama. Cuma masalahnya adalah doi suka masuk di kelas yang sedang tidak ada gurunya. Misalnya kelas 3 jadwalnya pelajaran Biologi tapi gurunya lagi sakit. Doi bakal masuk ke sana, memberikan siraman rohani, lalu mengajak seisi ruangan untuk berdoa. Ini semakin menjadi-jadi saat beberapa minggu sebelum ujian nasional.

5. Guru Kung Fu

Guru ini mengajar pelajaran kimia. Jangan macam-macam dengan doi. Kalau ada murid yang nakalnya sudah keterlaluan, doi bakal mengeluarkan kemampuan kung fu. Biasanya pas upacara hari senin karena banyak murid yang duduk-duduk santai di belakang. Kaki doi bisa menampar muka, menghantam dada, pokoknya kung fu abis. 

Itu adalah jenis-jenis guru unik pas saya masih SMA. Kalau kamu punya guru-guru yang unik juga, share di kolom komentar ya :)

Comments

  1. Aku barusan juga sudah lihat tentang kelakuan anak SD tersebut, dan aku nggak habis pikir, memang keterlaluan banget, padahal beliau masih duduk di bangku SD.

    5 jenis guru yang kamu sebutin diatas itu memang khas banget guru ketika di SMA dulu. Kalau aku boleh nambahin sih, ada yang namanya GUru Woles. YAa, woles aja, ga peru ngasih materi panjang-panjang, cuman ngasih tugas di lks. dan pokoknya kalau tugas di lks tersebut kelar, beres deh nilai kita hahaha.

    ReplyDelete
  2. Yha.....anak SD di indonesia ini sekarang memang sudah pada mengelunjak. Pernah gue ngelihat video anak sd ngebully cewek kecil di pojokan kelas. Mau nangis tapi nggk bisa, mau kesel tapi nggk bisa. Mau marah tapi nggk bisa. Saat itu gue cuman bisa memaki anak sd di video itu.

    Mungkinkah indonesia akan hancur karena generasi yang amburadul?

    ReplyDelete
  3. Jadi keinget zaman sekolah dulu nih :)
    Btw, salam kenal ya..

    ReplyDelete
  4. Meski ini ngebahas tentang Guru di SMA tapi gue keinget waktu SMP. Dulu ada guru yang ngajar Matematika tapi setiap dia masuk dia sukanya ceramah kayak guru agama :D kalau di sma malah guru agama ngajarin mesin :v

    ReplyDelete
  5. Kalo guru killer gak ada ya ? ha ha ha.

    Moral anak sekarang mah udah beda.Gue juga udah nonton video itu.Lagian , anak SD kok bisa ya bersikap begitu sama guru nya ? dimana akhlak nya ? dimana bimbingan orang tua nya ? .

    Kalau dibiarkan begitu terus , mau jadi apa dia ? PREMAN ? .

    ReplyDelete
  6. Wah ini mengingatkan ku waktu sekolah,... ketemu guru dari mulai baik sampe koplak, sampe killer... tapi skrng jadi kangen sama mereka...

    apakabar pak bu guru?

    ReplyDelete
  7. Aku punya guru yang bikin kangen.
    dia guru stenografi dan guru ngetik.

    Kedua guru itu killer abis,
    kalo menurut dia ada sesuatu yang salah dari muridnya pasti deh dia langsung lemparin sepatu.
    asli geu ga bohong 'Lemparin sepatu!"

    ReplyDelete
  8. Ok, saya tau siapa saja guru-guru yg dimaksud 😂😂😂😂
    Nostalgia sekali ini postingan

    ReplyDelete
  9. kalau aku suka dengan guru olahraga mas bebas saja kelayapan waktu sekolah hahaha,, kalau udah pelajaran olehraga wak senangnya turun kelapangan, kan cuma tertib sebentar trus disuruh main apa aja, udah deh langsung pada kelayapan

    ReplyDelete
  10. Guru membaca text book sampai habis. Biasanya guru sejarah, kerjanya cuma membaca sampai nggak sadar muridnya udah terbang ke dunia lain.

    Guru lupa diri, waktu SMA punya guru ekonomi, kebetulan waktunya sekitar 3 jam terakhir sebelum pulang. Beliau kalau udah bel pulang suka ga sadar, tetep aja bicara sampe jam pulang udah lewat 30 menit.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Ton Tangkas : Ketika Prajurit TNI AD dari Seluruh Indonesia Berkompetisi

Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

LDR : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Putusin Pacar Kamu