Tipe-tipe Orang di Grup Facebook


Facebook yang sekarang sudah tidak senyaman dulu waktu Mark Zuckerberg masih suka main sabun di kamar mandi. Facebook sekarang didominasi para alay, akun bot dan tukang main game yang tiap hari ngirim permintaan game, menuhin pemberitahuan aja. Karena itu, banyak orang udah mulai beralih ke twitter karena dianggap lebih asyik daripada facebook.

Di Facebook, ada fitur grup dimana kita bisa membuat sebuah ruang khusus untuk berdiskusi atau saling curhat-curhat antar sesama pengguna. Nah grup ini sering disalahgunakan untuk berbagai macam kepentingan. Maka itu grup facebook yang baik itu punya aturan yang ketat biar gak sembarang orang ngepost yang macam-macam dan aneh-aneh. Di grup juga idealnya punya admin (satpam) yang suka patroli ngecek post-post member di grup. Kalo yang aneh-aneh langsung dihapus atau biasanya kalo udah parah langsung dikeluarkan dari grup.

Sayangnya, gak semua orang ngerti tentang konsep serta cara kerja dari akun bot dan akun palsu. Jadinya banyak status dan post di grup yang kadang bikin saya gatal pengen komen tapi setelah dipikir-pikir itu cuma buang-buang waktu aja ngeladenin tipe-tipe orang di grup facebook yang macam-macam itu. 

Nah, berikut ini adalah tipe-tipe atau jenis-jenis orang di grup facebook yang wajib diketahui.

1. Paham

Orang-orang yang paham sekali dengan facebook ini biasanya yang melek teknologi. Mereka bukan saja paham sekedar cara daftar dan cara update status facebook, tapi lebih jauh lagi mereka paham dasar-dasarnya dengan baik seperti cara keluar dari facebook, cara mengatur privasi, cara menghentikan pemberitahuan permintaan game, sampe etika menggunakan media sosial facebook seperti cara berkomentar maupun etika mengupload foto. Andai saja 98% pengguna facebook adalah orang-orang seperti ini... Pasti dunia facebook jadi adem.


2. Polos

Tipe orang yang polos ini adalah orang-orang yang taunya cuma login facebook, update status, terus komen status orang lain atau komen link dari akun bot. Kamu pernah lihat teman facebook komentar di status akun bot? Atau update status maki-maki karena kena autotag akun bot? Nah itu dia salah satunya. Ada juga yang langsung ikut membagikan kiriman-kiriman hoax tanpa merasa berdosa (mereka berpikir telah melakukan kebaikan dengan ikut membantu menyebarkan berita penting). Ada juga kebiasaan sebagian orang Indonesia di media sosial yang cuma membaca judul berita langsung komen kemana-mana. Padahal mereka gak baca isinya. 

3. Provokator

Provokator ini fokusnya ke isu-isu SARA. Memang benar kata orang kalo jualan yang paling laku itu jualan agama. Kalo ngebahas ini, agak berat nih. Sayangnya banyak orang dengan mudahnya terpancing para provokator ini. Kalo semakin banyak orang Indonesia mudah diprovokasi, bisa bahaya. Makanya saya bikin sendiri di satu post. Bisa di baca di sini --> 'Jangan Mau Dibodohi Media Kampret'

4. Bot

Sebenarnya ini tidak termasuk kategori orang karena mereka ini sebenarnya semacam akun palsu atau akun tuyul yang disebar majikannya dimana-mana. Akun bot ini mudah sekali dikenal. Biasanya mereka muncul di grup saat nge-share link-link sampah. Misalnya link video bokep, link jual beli (penipuan), link kesehatan (dasar teori abal-abal) sampai link yang berbau SARA untuk provokasi. Prinsipnya, dibikin akun facebook dengan foto profil cewek cantik (bisa lebih dari 1 akun, bahkan ada yang punya puluhan akun facebook tuyul). Setelah itu mereka join ke grup-grup (tidak peduli grup apa) yang membernya ribuan sampe puluhan ribu. Misalkan satu akun tuyul gabung ke 10 grup. Menggunakan script auto post, mereka bisa ngepost di 10 grup itu dengan sekali klik. 


(contoh akun bot yang pake script auto tag)

5. Mesum

Di grup facebook yang gak ditertibkan admin, biasanya kalo akun bot ngepost sesuatu yang berbau seks, pasti ada aja yang komen. Nah, yang komen ini masuk di tipe mesum tapi polos. Mesum karena komennya emang mesum. Polos karena dia ga tau bedanya akun bot ama akun orang beneran. Jadinya dia malah kayak ngomong ama tembok.


mesum ama akun bot *coeg sekali* (baca komentar)

Comments

  1. wah wah wah foto yang terakhir kok seperti banyak menyembulkan sesuatu ya :)

    ReplyDelete
  2. aku jarang banget fban paling share artikel aja
    habis ya begitulah huhu

    ReplyDelete
  3. ya yang penting sebarkan konten positif ya lebih baik

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Popular posts from this blog

Ton Tangkas : Ketika Prajurit TNI AD dari Seluruh Indonesia Berkompetisi

Berapa Banyak Teman yang Ingat Ulang Tahunmu?

LDR : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Putusin Pacar Kamu