They Are Watching Us!

7:29 PM


Akhir-akhir ini saya sering berlama-lama nonton Youtube (mumpung kuota lagi banyak). Banyak konten-konten bagus kayak unboxing, review product, comedy, conspiracy sampe cover-cover lagu keren.

Beberapa hari ini saya nonton video-video tentang UFO di channel 'secureteam10' sama nonton 'Shark Tank'. Itu loh, acara yang mempertemukan investor ama pemilik perusahaan/startup yang lagi butuh dana. Random memang topik yang saya ikuti.

Di channel secureteam10, ada video tentang dokumen CIA yang dibocorkan Wikileaks tentang Vault7. Kalo ada yang follow twitter Wikileaks, pasti tau. 





Saya syok pas tau tentang Vault7 (isi dokumen CIA tadi). Kalo ada yang ngikutin kasus Edward Snowden, pasti tau kalo Amerika Serikat punya kapasistas buat mengakses data orang-orang. Dengan kata lain, memata-matai orang via Google. Bagi yang belum tau, Google sendiri udah terang-terangan mengaku ngumpulin data pengguna dengan embel-embel 'better services'. Data-data seperti website apa yang dikunjungi, berapa lama dan berapa sering akses ke website tertentu, sering googling tentang apa, jenis computer, jenis smartphone, lokasi, dll. Semuanya direkam. Google sendiri punya banyak masalah dengan pelanggaran privasi. Googling aja kasus-kasus yang pernah terjadi tentang pelanggaran privasi.

Contoh nyata waktu itu saya beli tiket kereta api di Travel*ka. Kode booking tiketnya kan dikirim ke email (email saya pake Gmail). Pas lagi naik busway, saya aktifin GPS buat liat Google Maps. Saya kaget pas buka peta, ada semacam notifikasi (pengingat) di peta tentang jadwal keberangkatan kereta (lengkap dengan hari dan jam) sampe kode booking tiket pun ada.

WHAT THE HELL! Darimana Google tau? Apa sekarang Inbox Gmail dan GMaps terintegrasi? Apa Google memang baca semua inbox penggunanya untuk nyari isi email semacam itu untuk sinkronisasi dengan layanan peta mereka? 

Di satu sisi memang bikin kita jadi semakin gampang dan terbantu dengan layanan seperti itu. Tapi di sisi lain, privasi kita dilanggar. Coba mikir, Google sekarang sudah bisa tau kita beli tiket untuk berangkat kapan, kemana dan darimana, duduk di kursi nomor berapa, naik kereta/pesawat apa. Hitung berapa pengguna android sekarang? Pengguna gmail dan semua layanan google?

Google dan Facebook pernah bilang kalau mereka gak bakal ngasih data penggunanya secara sembarangan dan gampangan sama pemerintah Amerika Serikat. (Law enforcement)

Nah, kembali ke Vault7 dan Wikileaks. Di dokumen itu, dijelaskan dengan rinci apa yang dilakukan CIA (Amerika Serikat sama Inggris) untuk bisa akses data pengguna secara ilegal tanpa izin pengadilan. Kalo ada yang pernah nonton film Edward Snowden, pasti tau kalo NSA ama CIA udah ngelakuin praktik ini dari dulu. Hanya saja sekarang mereka lebih serius dan masif. 

Link ke dokument Vault7 : https://wikileaks.org/ciav7p1/




CIA punya divisi khusus untuk bikin program jahat (virus, malware, trojan) untuk tembus semua komputer dan semua smartphone, semua gadget. Entah itu komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, OSx, entah itu smartphone dengan sistem operasi android, iOS... Intinya mereka sudah punya program jahat dan mereka mampu buat nembus semua komputer dan smartphone. Oh bukan cuma itu saja. Mereka bisa akses webcam komputer sekalipun komputer dalam keadaan mati. Bisa akses kamera hape, microphone hape, sama yang terbaru bisa akses TV (SmartTV dengan koneksi internet dan kamera/microphone).

Udah syok belum?

Terserah mau percaya atau tidak. Kembali lagi ke masing-masing orang. Gunakan internet dengan bijak. :p

You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Jangan komentar pake bahasa gaib.

Jumlah Mantan

Google+

Teman-teman Bloggers